Sabtu, 18 Oktober 2008

Obor Nusantara Tiba di Lebak

RANGKASBITUNG – Obor nusantara yang sudah bergerak mengelilingi Indonesia sejak 4 Juni lalu, tiba di Lebak, Jumat (29/8), dan diterima langsung seluruh jajaran pemuda dan Pemerintah Kabupaten Lebak.

Rencananya, setelah disemayamkan selama satu malam, Obor Nusantara akan bergerak menuju arah Tangerang, Sabtu (30/8) ini.

Kedatangan Obor Nusantara sekitar pukul 09.00 WIB di perbatasan Lebak dan Kabupaten Pandeglang di kawasan Pasir Tangkil, Kecamatan Warunggunung. Selanjutnya, obor dibawa menuju kota Rangkasbitung menggunakan kendaraan yang telah disiapkan. Sekitar satu kilometer menjelang Gedung Pendopo Kabupaten Lebak, obor diiring dengan berjalan kaki oleh aktivis karangtaruna, taruna siaga bencana, dan elemen pemuda yang lain.

Sekira pukul 10.15 WIB, dua buah obor nusantara diserahterimakan dari petugas pembawa obor kepada Penjabat Bupati Lebak untuk menginap satu malam. Setelah menerima obor, Penjabat Bupati membacakan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah disiapkan panitia dalam rangka hari 100 tahun kebangkitan nasional.

Usai membacakan pesan Presiden, Penjabat Bupati Lebak Hidayat Djohari menegaskan bahwa semangat patriotisme dan nasionalisme mesti tertanam kuat pada generasi muda. Sebab, dua hal tersebut belakangan mulai memudar sehingga mengancam kelangsungan bangsa Indonesia yang telah berhasil dirumuskan para pejuang dalam bingkat negara kesatuan.

Mari kita pupuk semangat nasionalisme dan patriotis. Pembawa obor ini adalah generasi muda yang bakal menjadi pemimpin negeri. Pada jiwa dan raga mereka mesti tertanam kuat semangat nasionalisme dan patriotis itu, ungkapnya.

Upacara penerimaan Obor Nusantara ini juga disaksikan Kapolres Lebak AKBP Indra Gautama, Dandim Lebak Letkol Ridwan, Sekda Ruswan Effendi dan para kepala dinas di lingkungan Setda Lebak. Selain itu, ratusan siswa SD, SMP dan SMA mengiring perjalanan Obor Nusantara hingga menuju Pendopo Kabupaten. (asa)

sumber: radar banten