Sabtu, 18 Oktober 2008

Kirab Obor Nusantara Tiba di Merak

MERAK - Obor Merah yang dibawa para peserta Kirab Nusantara tiba di Pelabuhan Merak sekira pukul 14.30 WIB, Selasa (26/8). Tim pembawa Obor Merah ini berangkat dari Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan telah melewati sejumlah kabupaten/kota di Sumatera.


Tim ini beranggotakan 85 orang, yang terdiri dari 40 orang pembawa obor serta 45 orang pendamping yang berasal dari pelajar dan sejumlah pejabat Pemprov Lampung.


Dari Pelabuhan Merak, obor ini diserahkan oleh Kadispora Provinsi Lampung Hermansyah kepada Gubernur Banten Rt. Atut Chosiyah di halaman Kantor ASDP Merak. Rencananya, obor ini akan berada di Kota Cilegon selama satu hari, untuk selanjutnya menuju Serang, Rabu (27/8).


Ketua Obor Nusantara Provinsi Banten Andika Hazrumy mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional yang digelar Yayasan Obor Nusantara. “Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Keppres No.5/ 2003 tentang Penyelenggaraan Hari Kebangkitan Nasional,” katanya.


Andika menjelaskan, Kirab Obor ini terdiri dalam dua kegiatan, yakni obor merah dan obor putih yang diberangkatkan pada 26 Agustus 2008 dari dua wilayah berbeda. Obor merah diberangkatkan dari NAD menyisir wilayah barat dari Indonesia, sedangkan obor putih diberangkatkan dari Merauke dengan menyisir wilayah timur Indonesia. “Kedua obor ini nantinya bertemu di Jakarta pada 1 September mendatang,” ujarnya.


sumber: www.penghubung.banten.go.id