Minggu, 19 Oktober 2008

DPT Pemilu 2009 Diperkirakan 170 Juta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperkirakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2009 mencapai 170 juta pemilih.

Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan jumlah daftar pemilih sementara (DPS) sebanyak 172 juta. Anggota KPU sekaligus Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pemutakhiran Data dan Monitoring Data Pemilih, Sri Nuryanti, menyatakan bahwa hasil rekapitulasi DPT mencapai 169.840.220.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, masih ada tiga provinsi,yakni Sumatera Selatan, Maluku Utara,dan Papua Barat,yang belum memasukkan DPT. Namun,menurut Nuryanti, meskipun DPT dari ketiga provinsi tersebut belum masuk, hal itu tidak akan mengubah jumlah DPT secara signifikan.

” DPT tetap akan berkisar di angka tersebut (169,8 juta pemilih),” ujarnya di sela- sela pertemuan KPU dan KPU provinsi seluruh Indonesia yang membahas DPT, calon legislatif, dan persiapan logistik pemilu di Gedung KPU,Jakarta,kemarin.

Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary menyatakan, adanya perbedaan jumlah DPS dengan DPT disebabkan kesalahan penghitungan jumlah daftar pemilih.Selain itu, perbedaan angka terjadi karena ada KPU provinsi yang menggunakan hitungan berdasarkan prediksi.

Direktur Eksekutif Center for Electoral Reform (CETRO) Hadar Navis Gumay menilai proses pembuatan DPT yang dilakukan KPU tidak sesuai peraturanyangberlaku.Halitu karena masih ada KPUD yang menentukan DPS berdasarkan prediksi.”Dalam UU tidak ada angka prediksi,angka tersebut muncul karena KPUD tersebut terdesak untuk menentukan angka,”ujarnya. (pasti liberti mappapa)


Sumber: seputar-indonesia.com

PEMILU 2009